Jumat, 06 Agustus 2010

Meningkatkan kesehatan diri dengan meninggalkan Kebiasaan Merokok

Di setiap bungkus rokok terdapat peringatan : Rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.

Bagaimana pendapat dan sikap anda dengan peringatan tersebut ?
Tujuan
Siswa tahu bahaya merokok bagi diri sendiri dan orang lain
Siswa dapat mengidentifikasi zat - zat bahaya yang terkandung dalam rokok
Mencegah siswa agar tidak merokok


SESAK NAFAS DAN KEBIASAAN MEROKOK

Disetiap iklan rokok , tercantum peringatan tentang resiko gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh perokok . Gangguan kesehatan itu adalah dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Selain itu,salah satu penyakit paru Obstruktif.

Dampak rokok pada umumnya disebabkan oleh asap rokok. Asap rokok dapat menimbulkan radang kronik pada pipa saluran pernapasan. Hal ini mengakibatkan selaput lendir pipa saluran pernapasan menyempit. Udara yang keluar masuk pipa saluran pernapasan tidak lancar sehingga pasien merasa sesak napas.

Racun apa yang paling berbahaya dalam rokok ? Tar, nikotin dan karbon monoksida.

Tar : mengandung sekurang – kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui penyebab kanker ( karsinogen ) dan merusak sel –sel paru – paru.

Nikotin : Merupakan salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah. Nikotin bekerja di dalam otak sehinga membuat pemakainya kecanduan.



Karbon monoksida :
Gas beracun ini dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen. Gas ini bisa membawa maut apabila dalam tubuh manusia lebih dari 60 %.

Keluhan sesak napas menandakan bahwa proses merokok telah berjalan bertahun-tahun. Diperkirakan 80-90% perokok mempunyai resiko terkena penyakit paru obstruktif menahun. Selain disebabkan merokok, penyakit paru obstruktif menahun juga disebabkan oleh faktor genetik, infeksi, dan polusi udara.

Dampak rokok tiadak hanya dialami oleh perokok saja, namun juga pada orang yang ada disekitarnya. Mengapa demikian ? Karena walaupun tidak ikut merokok namun orang disekitar perokok tersebut menghirup asap rokok yang terbawa udara. Orang-orang yang menghirup asap rokok disebut Perokok Pasif.

Maka dari itu berhentilah merokok. Kapanpun seorang berhenti merokok, orang tersebut akan mendapatkan manfaat. Terutama adalah manfaat bagi kesehatan kita sendiri. Jadi, Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok.

Tips agar tidak merokok :
Tahanlah rasa ingin tahu
Bertemanlah dengan orang yang tidak merokok
Temukan dengan teman yang mendukung kamu tidak merokok.
Hindari aktivitas yang melibatkan rokok

5. Bersiaplah untuk mengatakan tidak merokok.
6. Jangan memprcayai gemerlapnya iklan
7. Usahakan untuk selalu sibuk dengan aktivitas positif
8. Berbanggalah sebagai orang yang tidak merokok.

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar